3 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Membeli Buku

Yo minna, selamat berkunjung kembali di blog saya, apakah kalian suka baca buku? Atau kalian tipe orang yang rada malas membaca, lalu pernahkah kalian pergi ke toko buku, atau ke bazar buku saat lagi ada event.

Tentunya meskipun kalian adalah orang yang malas membaca, jika kalian pernah ke toko buku seperti gramedia pasti ada buku yang bikin kalian tertarik, bisa jadi dari sampulnya atau pun judulnya.

Dan tak jarang ketertarikan ini membuat kalian membeli buku tersebut, meskipun saat itu kalian tidak terlalu mengerti kenapa kalian membeli buku tersebut, you just bought it!

Yup, tapi sering kali buku yang kalian beli tanpa alasan kuat tersebut (yang hanya karena tertarik dengan sampul/judulnya) tidak kalian baca sama sekali, dan berakhir menjadi koleksi di lemari buku kalian di rumah.

Bahkan buku tersebut masih tersimpan rapi dengan plastiknya tanpa dibuka sama sekali,tak jarang orang beli buku tapi dia bahkan tak pernah tau isi dari buku tersebut.

Padahal bisa saja ilmu dan informasi yang terkandung dalam buku tersebut adalah informasi berharga yang kita butuhkan dan bahkan bisa merubah hidup kita.

Nah, oleh karena itulah berikut merupakan 3 hal yang wajib kamu lakukan saat membeli buku agar kamu jadi semangat untuk membacanya!

1. Buka Plastiknya

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah membeli buku adalah membuka plastiknya.

Merupakan hal yang sederhana, tapi banyak orang yang gara-gara nggak membuka plastik bukunya, akhirnya hanya ditaruh di rak dan tidak dibaca sama sekali, dan bahkan dia nggak pernah tau apa isi buku yang dibeli.

Jadi buka plastiknya dulu ya 😀

2. Baca Daftar Isi Buku Terlebih Dahulu

 

Poin kedua adalah baca daftar isi buku terlebih dahulu, bukan baca isinya dari halaman pertama tapi bacalah dulu daftar isinya.

Daftar isi buku merupakan kerangka utama buku dan merupakan garis besar singkatnya mengenai apa isi sebuah buku, disanalah judul-judulnya dirangkum.

Jadi setelah membeli buku maka bukalah plastiknya dan baca daftar isinya agar kalian mengetahui apa inti dari isi buku tersebut.

3. Pilih Hal-Hal yang Paling Menarik dan Baca 5 Menit Saja

Pilih Hal-Hal yang Paling Menarik dan Baca 5 Menit Saja

 

Dan poin terakhir yang harus kamu lakukan setelah beli buku adalah memilah hal yang paling menarik dalam daftar isi buku, carilah judul yang paling menarik atau menggelitik bagi kamu dalam tanda kutip.

Kemudian bukalah halaman tersebut, halaman 30 misalnya judulnya menarik bagi kamu, maka tandain atau lingkarin, dan halaman 70 misalnya juga merupakan hal yang menarik, maka tandailah.

Lalu bukalah dan baca 5 menit saja halaman yang menarik tersebut. Kalau perlu gunakan timer atau stopwatch untuk penanda waktu, baca 5 menit saja halaman yang sudah kalian tandai tersebut, lalu silahkan letakkan buku tersebut ke rak penyimpanan buku kalian.

Dan mimin jamin, nanti kalian pasti akan buka kembali dan melanjutkan baca buku itu, karena kalian sudah mulai paham tentang kandungan buku tersebut.

Buku tentang menghasilkan uang dari internet misalnya, tentang metodenya dari awal sampai akhir, cara-caranya ampuhnya seperti cara diterima adsense, cara nge youtube, reupload hingga blogging, content writer, dan lain-lain.

Misal kamu mau tau cara diterima adsense, maka bukalah cara cepat diterima adsense yang tercantum dalam buku tersebut, dan bacalah.

Dan tanpa terasa, kalian bahkan bisa menyelesaikan membaca buku ratusan halaman hanya dalam waktu kurang dari seminggu. Itulah triknya.

 

Itulah dia 3 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Membeli Buku.

Tentunya hal ini sudah mimin praktikkan sendiri dalam kehidupan mimin dan informasi yang terkandung dalam buku pun sedikit banyaknya bisa mimin pahami dan terapkan dalam kehidupan dengan melakukan cara tersebut.

Jadi bagi kalian yang malas baca buku, atau sering beli buku tapi nggak terbaca, silahkan lakukan cara-cara simpel di atas.

Ingatlah, di era manapun, ilmu merupakan kunci utama meraih kesuksesan, dan membaca buku merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan ilmu, selamat mencoba! 😀