4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Dalam Memposting Artikel

Yo Nakama tachi, kali ini mimin ingin membahas sedikit tentang blogging, dan tema bahasan kali ini adalah 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Dalam Memposting Artikel.

Hmm, kesalahan-kesalahan berikut ini adalah hal yang lazim terjadi karena faktor ketidaktahuan, dan ketidaksengajaan yang dilakukan para blogger dalam memposting suatu artikel.

Dan akhirnya jika dibiarkan terus menerus hal ini dapat menurunkan kualitas blog yang kalian bangun.

Yah, mimin juga sebenarnya dulu nggak luput dari kesalahan yang sama sih, untungnya ada seorang mastah SEO yang berbaik hati mengajarkan ilmunya.

Dan kali ini mimin akan menurunkan lagi ilmunya pada kalian, lalu apa sajakah kesalahan tersebut? Yuk disimak sampai habis!

1. Kesalahan Dalam Menulis Huruf Kapital

Ini adalah hal yang sederhana, tapi bisa berakibat fatal.

Tentunya di saat SD dulu kita diajarkan bahwa tiap awal kata adalah huruf kapital, nama orang, nama kota, nama provinsi juga harus diawali dengan huruf kapital.

Tapi tak jarang hal ini terlupakan, terutama oleh para blogger pemula.

Mungkin untuk yang blognya berkonten remaja dan blogging nggak terlalu memperhatikan kesalahan tersebut.

Tapi jika konten kalian adalah konten umum dan lebih condong ke konten umum dewasa seperti agama, politik, berita, dan lain-lain, maka kalian harus memberi perhatian khusus terhadap penulisan dan tanda baca yang benar.

2. Kesalahan Penulisan/Typo

 

Kesalahan dalam penulisan alias typo ini juga sering dilakukan oleh para blogger dalam memposting artikel di blognya.

Umumnya hal ini memang karena faktor ketidaksengajaan, dan mungkin pembaca juga akan memaklumi typo yang kalian lakukan.

Namun jika terlalu banyak typo dalam sebuah artikel tentunya akan menurunkan kualitas artikel yang kalian sajikan.

Karena itu untuk menghindari kesalahan seperti ini, biasakanlah untuk membaca terlebih dahulu artikel sebelum kalian mempostingnya, perhatikan setiap kata demi kata.

Jika sudah nggak ada masalah, barulah kalian lanjut memposting artikel kalian.

3. Paragraf yang Terlalu Panjang

Dan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para blogger yang mana para mastah pun tak luput darinya adalah paragraf yang terlalu panjang.

Dalam hal ini dalam sebuah paragraf bisa lebih dari 7 baris.

Memang sih itu nggak salah, tapi tahukah kalian jika paragraf yang panjang seperti itu bisa bikin sakit mata para pembacanya, dan juga tulisan seperti itu berkesan kurang rapi.

Terlebih lagi saat ini pengunjung lebih banyak yang menggunakan Smartphone dibandingkan PC.

Bahkan satu paragraf yang di PC cuma terlihat sepanjang 5 baris bisa terlihat lebih dari 10 baris di Smartphone pembaca.

Nah, oleh karena itu dalam memposting artikel, maksimal 1 paragraf terdiri dari 2 baris, berpatokan pada lembar tulis yang disediakan oleh blogger/wordpress

lalu gimana kalau cuma 1 baris? Ya nggak ada masalah, pokoknya patokannya yaitu maksimal 2 baris/paragraf.

Tujuannya apa? Tentunya untuk membuat konten kita terlihat lebih rapi dan enak dibaca, baik di PC maupun di Smartphone.

 

 

 

 

4. Menyisipkan Link di Tempat yang Kurang Relevan

Dan kesalahan yang terakhir yaitu penyisipan link baik internal maupun link external yang kurang relevan.

Dalam SEO tentunya kita sudah mengenal internal linking, yaitu membuat postingan kita saling memberi feedback dan terhubung dengan menyisipkan link di dalamnya.

Tapi tak jarang blogger yang membuat internal linking di tempat yang tidak sesuai dan justru tidak baik untuk konten mereka.

Karena itu hindarilah hal ini dan tempatkan internal link kalian pada kalimat atau tempat yang mungkin cocok untuk kalian letakkan.

Kita ambil contoh Internal Link paling sering digunakan adalah dengan menggunakan teks quote “Baca juga”.

Sebaiknya tempatkanlah ini di bagian pertengahan atau menjelang akhir sebuah postingan.

Jangan meletakkannya di sekitar paragraf awal karena hal ini bisa mengganggu konsentrasi pembaca dan bahkan tidak akan dibaca sama sekali.

Dengan meletakkannya di bagian tengah atau menjelang akhir postingan, tingkat kliknya lebih tinggi karena pembaca sudah puas menikmati konten yang kalian sajikan lalu mereka akan melihat untuk konten menarik lainnya.

Sebagai tambahan Internal Link yang disisipkan juga harus berhubungan dengan konten utama yang sedang dibahas, jangan meleset terlalu jauh karena akan berdampak buruk bagi kualitas SEO blog kalian.

menulis artikel

Nah, itulah dia 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Dalam Memposting Artikel yang dapat mimin bagikan.

Jika kalian merasa pernah atau bahkan masih melakukan kesalahan tersebut, maka perbaikilah guna menciptakan blog yang lebih berkualitas 😀

Dan mimin juga mohon maaf untuk pemilik blog yang mimin jadikan contoh gambar di atas.

Sampai ketemu lagi di pembahasan berikutnya, salam blogger!