Berbicara Pada Diri Sendiri (Self Conversation) dan Manfaatnya

Hai sobat, pernahkah kamu berbicara pada diri sendiri? Baik secara sadar maupun tidak sadar? Hal itu dinamakan Self talk atau self Conversation.

Self Conversation adalah percakapan atau berkomunikasi pada diri sendiri. Namun bukan berarti kamu berbicara dengan berkata-kata dan bersuara seperti umumnya berbicara, melainkan berbicara pada pikiran-pikiran yang ada di kepala kita.

Self Conversation adalah hal yang sederhana dan jarang dibahas. Tapi, hal ini ternyata bisa berdampak besar pada diri kita. Self Conversation merupakan sesuatu yang menentukan kamu akan jadi orang yang seperti apa di masa mendatang.

Self Conversation juga adalah akar permasalahan psikologis yang paling utama. Dari hal inilah yang membentuk karakter, kebiasaan, hingga keyakinan seseorang.

Cara Self Conversation Bekerja

Pertama, self conversation memprogram alam bawah sadar, lalu self talk akan mempengaruhi tindakan kita, dan lama kelamaan tindakan ini akan berubah jadi kebiasaan. Dan setelah menjadi kebiasaan, lama kelamaan hal ini akan menyatu dengan sifat atau karakter Anda.

Dan akhirnya akan berubah menjadi keyakinan Anda, dan Anda percaya jika keyakinan itu memang benar.

Berbicara Pada Diri
Akashi saat Berbicara dengan Dirinya yang satu lagi

Cara Self Conversation Mempengaruhi Diri Kita

Self Conversation bisa berpengaruh sangat besar pada diri kita. Karena, self conversation tanpa disadari adalah sama halnya dengan mensugesti serta memprogram alam bawah sadar kita.

Dan tahukah kamu, bahwa alam bawah sadar mempengaruhi diri kita 9 kali lebih kuat dibanding pikiran sadar.

Sintaksnya adalah self conversation ==> Sugesti ==> Alam bawah sadar ==> Tindakan nyata/realitas.

Dan faktanya, kita telah melakukan self conversation sepanjang hari serta sepanjang hidup baik secara disadari maupun tidak. Bahkan dalam hal-hal sepele seperti “besok makan dimana ya? Enaknya ngapain ya?” sampai ke hal besar seperti cita-cita dan impian kita.

Suara-suara di kepala kita serta percakapan dengan pikiran itulah yang menginspirasi tindakan kita dalam suatu situasi. Setuju atau tidak setuju, bisa atau tidak bisa, pantas atau tidak pantas, marah atau bersabar, suka atau benci, semua tindakan kita seringkali diawali dengan self conversation.

Manfaat Self Conversation

1. Memudahkan Mengambil Keputusan.

Merenunglah di tempat yang tenang, dan berusahalah dengarkan kata hati. Hal ini merupakan cara yang ampuh dalam mengambil keputusan. Dan akan lebih baik setiap kata hati yang keluar dalam self conversation dipertimbangkan lagi secara sadar agar menjadi pilihan terbaik.

2. Mengenal diri sendiri

Self Conversation juga membantu kita memahami diri kita sendiri, sehingga akan sulit dipengaruhi oleh orang lain. Karena kita sudah sadar bagaimana pendirian serta komitmen kita.

3. Sarana pengendalian diri

Dengan self conversation. Seseorang akan dapat mengendalikan pikirannya yang kacau dengan lebih mudah. Serta mencegah Anda dalam mengambil keputusan yang salah.

 

Tanpa disadari, ternyata diri sendiri juga perlu diajak bicara. Karena faktanya, dengan berbicara pada diri sendiri kita telah memberi kesempatan memperkaya diri. Dan menurut para ahli, self conversation telah ada sejak kita belajar bicara serta merupakan bagian dari proses belajar anak.

Dan tentunya self conversation juga tak hanya berarti berbentuk dialog suara, karena pikiran yang terlintas di benak kita juga adalah self conversation dengan diri kita sendiri.

Tentunya setelah memahami maknanya, ada manfaat yang bisa kita ambil dan biasakanlah melakukan self conversation secara sadar untuk mengambil keputusan, terutama keputusan yang penting dan sangat berpengaruh bagi hidupmu. Semoga Bermanfaat!