Cara Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Trafik Sedikitpun

Halo Nakama Sekalian, kali ini mimin ingin berbagi sedikit tips mengenai cara Migrasi Blogger ke WordPress tanpa takut kehilangan trafik blog kalian.

Karena selama ini yang sering jadi dilema para blogger pemula adalah jika mereka pindah ke wordpress, maka trafik mereka pasti akan hilang, mengulang dari awal dan lain-lain, padahal tentunya hal itu bisa dihindari dengan cara yang cukup mudah.

Blogger sendiri sebenarnya adalah CMS yang  udah cukup simpel dan gampang buat digunakan, tapi untuk blog yang lebih ramai dan untuk mengelola blog yang lebih serius, wordpress tentu merupakan pilihan terbaik.

Baiklah, untuk tidak memperpanjang mukhodimah (hehehe 😀 ) langsung saja inilah dia  “Cara Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Trafik Sedikitpun” ala saya.

Tapi sebelum menggunakan cara ini, saya anggap kalian telah menginstal wordpress yang sudah siap digunakan di hosting baru dengan domain yang sama maupun berbeda.

1. Instal Plugin “Blogger Importer Extended”

 

Cara Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Trafik Sedikitpun

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menginstal Plugin bernama “Blogger Importer Extended”. Caranya yaitu klik tambah baru pada menu plugin di sebelah kiri dashboard wordpress.

Lalu ketikkan di kolom pencarian “Blogger Importer Extended”, maka akan tampak plugin seperti gambar di atas, instal plugin tersebut lalu aktifkan.

2. Jalankan Plugin Tersebut

 

Setelah menginstal plugin blogger importer extended tersebut, masuklah pada sub menu plugin terpasang.

Lihat di bagian plugin importer tersebut akan ada opsi Nonaktifkan, Edit, Start! , tinggal di klik pilihan Start! deh.

Selanjutnya tampilannya akan seperti pada gambar di atas, nah itu sengaja mimin crop agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, pada bagian select a blog itu adalah daftar blog yang ada di akun blogger kalian (Tentunya kalian harus login dulu ya di bloggernya).

Tinggal pilih deh blog mana yang ingin kalian import, setelah itu kalian akan diminta untuk memberikan akses izin pengelolaan akun blogger, tinggal pilih izinkan dan proses import blog kalian akan dimulai. Tunggulah prosesnya sampai selesai, dan ta da. Blog telah berhasil diimpor dengan sukses.

Dan plugin ini sudah mengimpor segala konten yang ada di blog kalian, mulai dari postingan, gambar yang ada di dalamnya, serta laman. Jadi gambar yang ada di blog kalian akan otomatis masuk ke media.

3. Setting Permalink mirip seperti Permalink Blogger

 

Ganti Permalink

Dan hal yang terakhir yang harus kalian lakukan dalam Migrasi Blogger ke WordPress adalah dengan menyetel permalink sama persis seperti permalink blogger. Hal ini dilakukan agar kalian tidak kehilangan trafik dari mesin pencarian google.

Karena jika permalink dari tiap posnya sama, maka segala trafik kalian yang biasanya berasal dari google akan otomatis juga dialihkan ke blog yang sudah dipindah ke wordpress. Jadi kalian nggak akan kehilangan trafik deh.

Cara setel permalinknya yaitu masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih sub menu permalink, tampilannya akan sama seperti di gambar di atas.

Kalian tinggal pilih struktur tersuai, lalu tambahkan kode “/%year%/%monthnum%/%postname%.html” untuk mengatur seperti permalink blogger, lalu simpan.

 

Dan selesai, itulah dia cara Migrasi Blogger ke WordPress yang paling gampang 😀

Untuk mengujinya silahkan kalian ketikkan keyword kalian yang masuk halaman pencarian google, lalu klik hasil pencarian tersebut dan lihatlah hasilnya, jika dialihkan ke halaman blog wordpress yang baru berarti migrasi kalian telah sukses.

 

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar migrasi wordpress, atau kalian mengalami masalah lain, silahkan berkomentar dengan sopan dan mimin akan coba untuk menjawabnya sebatas ilmu yang mimin miliki, Hehehe 😀

Sampai ketemu di pos berikutnya, salam blogger!