Online kan Bisnis Kamu Dengan Membangun Website

Online kan Bisnis Kamu Dengan Membangun Website

Halo guys, kali ini gua mau ngebahas soal membangun website buat meng online kan bisnis kamu.

Sekarang kan lagi jamannya toko online, jadi bagi kalian yang punya bisnis udah jadi tuntutan buat meng online kan bisnis kamu.

Nah, untuk membangun sebuah website toko online, kalian membutuhkan yang namanya hosting dan domain.

Hosting adalah tempat untuk meletakkan data website Anda, sementara domain adalah alamat website Anda.

Nama domain ini sebaiknya menggunakan nama brand bisnis kita. Dan domain sendiri memiliki ekstensi bermacam-macam seperti .com, .net, id, org, dan lain sebagainya.

Untuk bisnis sendiri pilihan terbaiknya adalah menggunakan domain berekstensi .com.

Alasannya yaitu karena domain .com lebih berkesan profesional dan memiliki reputasi yang baik di mata orang banyak dan juga di mesin pencarian google, ada banyak website toko online yang menggunakan domain .com diantaranya yaitu: Tokopedia, Bukalapak, blibli, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa domain adalah brand dari bisnis kalian. Jadi pemilihan domain itu emang harus dipikirkan secara matang.

Domain adalah faktor penting dalam membangun website. sebagai gambarannya sebut saja facebook dan youtube, saat mendengar kata facebook tentunya yang terlintas di pikiran kita spontan adalah media sosial tempat berbagi status dan foto, serta video, serta terhubung dengan orang lain. Dan saat mendengar kata youtube sendiri yang tergambar dipikiran kita adalah sebuah situs untuk menonton video.

Facebook dan youtube itu adalah salah satu contoh domain yang mudah diingat dan dikenal orang banyak.

Dalam pemilihan domain sendiri itu sebaiknya maksimal 2 kata. Dan juga Tidak boleh terlalu panjang agar mudah diindeks google dan gampang diingat. Sama halnya seperti facebook yang terdiri dari 2 kata yaitu face dan book.

Untuk hosting itu biasanya kita sewa bulanan, tapi dibayar pertahun. Sementara domain itu sewanya untuk 1 tahun.

Harga sewa domain .com itu biasanya sekitar Rp. 125.000 pertahun.

Nah, bagi kalian yang bingung beli hosting dan domain dimana, kalian bisa beli hosting murah di rumahweb.

Rumahweb menggunakan teknologi cloudhosting yang kecepatannya berkali lipat lebih kencang dibanding hosting biasa, datacenternya sendiri juga berada di Indonesia dan Singapura, jadi website kalian akan semakin cepat diakses oleh pengunjung dari Indonesia.

Nah, yang lebih kerennya lagi kalian bisa dapat domain gratis dengan beli hosting seharga 25 ribu rupiah perbulan dfdi rumahweb.

Jadi kalian gak perlu lagi ngeluarin duit buat beli domain karena udah sepaket bareng hostingnya.

Lalu bagaimana jika kalian gak punya keahlian buat membangun website? Tentunya itu adalah salah satu yang jadi persoalan utama disini.

Solusinya kalian bisa memanfaatkan fitur website builder yang disediakan oleh hosting rumahweb tadi, jadi kalian bisa langsung ngebuild website dari situ.

Pengalaman gua sendiri menggunakan web builder adalah sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Kita udah disediakan berbagai template, udah tersedia demonya juga jadi kita bisa langsung tentukan mau membangun web yang seperti apa, setelah menentukan template kita tinggal mengedit sedikit tampilan website nya seperti nama web, deskripsi, menambahkan foto produk dan lain-lain.

Dan bagi kalian yang emang punya banyak waktu untuk belajar kalian bisa membangun website menggunakan platform wordpress selfhost atau wordpress.org.

Bagi yang ingin membuat landing page memang lebih mudah menggunakan web builder, tapi bagi yang ingin membangun sebuah website atau toko online yang lebih kompleks sangat direkomendasikan menggunakan wordpress.

Karena wordpress bisa dipasang berbagai plugin yang bisa membuat website kita lebih mantap dan profesional.

Yak hanya saja dengan fitur yang banyak dan kompleks membuat penggunaan wordpress lebih rumit. Tapi jangan khawatir, karena saat ini tutorial buat toko online di wordpress sudah banyak tersedia. Kalian tinggal googling atau nanya di forum wordpress aja deh.

Salah satu tempat yang asyik buat tanya jawab soal wordpress yaitu grup facebook WordPress Indonesia. Gua sendiri juga cukup aktif ikut bantu jawabin pertanyaan member disana.

Hmm, saya rasa sekian dulu pembahasan yang bisa saya bagikan mengenai membangun website ya. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di komentar