Pengalaman & Review Contabo VPS Offshore Murah Berkualitas

Pengalaman & Review Contabo VPS Offshore Murah Berkualitas

Halo mas bro, selamat berkunjung di web pribadi ane PashaLovarian.com, pada kesempatan kali ini ane akan ngebahas soal Contabo, layanan VPS yang terkenal dengan harganya yang murah, lalu gimana soal kualitasnya?

Nah karena itu kita akan bahas soal itu.

1. Awal Mula saya Memakai Contabo

Untuk mengawalinya ane gak akan bahas sejarah Contabo, karena ane juga gak tau banyak soal latar belakang perusahaan mereka, jadi kita akan bahas latar belakang ane makai contabo aja.

VPS pertama yang ane pakai dulu adalah Digital Ocean karena direkomendasikan oleh banyak suhu, ane yang saat itu masih nubi pun ya ngikut aja, dan harga VPS Digital Ocean juga cukup terjangkau.

Nggak berapa lama ane beralih nyobain Vultr. Karena saat itu Vultr menawarkan paket yang lebih murah dibanding DO, jadilah ane memakai Vultr setahun lebih.

Vultr sendiri adalah salah satu VPS terbaik bagi ane, dan gak ada niatan ingin pindah sih saat itu, sampai akhirnya ane terciduk DMCA, karena web ane adalah web download dan streaming, jadi gak bisa ngelak dah.

Kalian bisa baca kisah lengkap saat ane pakai VULTR di postingan ane sebelumnya: Pengalaman Setahun Lebih Menggunakan VPS Vultr

Dan pihak Vultr pun ngancam akan mematikan VPS ane kalau masalah DMCA gak diberesin, akhirnya ane hapus postingan yang kena laporan DMCA.

Tapi gak sampai sebulan laporan lain datang lagi untuk postingan lainnya. Akhirnya ane sampai ke keputusan, harus cari VPS yang aman dari DMCA.

Dan yak, ane googling sana sini lalu ane berkenalan dengan istilah ” VPS Offshore” yang berarti vps tersebut aman dari DMCA.

Selanjutnya ane pun googling dengan keyword: vps offshore, hosting offshore murah, vps offshore murah, dan semacamnya.

Akhirnya baca-baca hasilnya, tetap aja sih kesimpulannya semua masih kemahalan bagi ane yang budgetnya pas-pas an.

Singkat cerita ane pun nemuin Contabo dari hasil searching tersebut, walau bukan di keyword offshore tadi sih.

2. Spek Bagus, Harga Murah, Sempat Bikin Gak Percaya

pricing vps contabo

Pas buka websitenya ane masih gak percaya dengan harganya dan spek yang ditawarkan, mantab banget soalnya.

Gak pake lama lagi ane langsung tes beli vps SSD yang harga 8.99 Euro, kalau dollar itu jadi 10.5-11 dollar tergantung rate. Dan bayarnya pakai Paypal.

Sekarang speknya udah agak berubah, dulu waktu ane beli ramnya masih 12 GB disk 300GB, sekarang malah makin mantab lagi upgrade jadi ram 16 GB disk 400 GB dan harganya cuma kurang dari 140k/bulan.

Setelah check out dan vps nya jadi, ane langsung instal Webuzo, karena ane udah cukup terbiasa juga pakai linux centos..

Btw pas beli kita dikasi pilihan instal OS ya, tersedia beberapa pilihan linux umum seperti Centos, Ubuntu, dll. Ada pilihan Windows juga, hanya saja windows berlisensi jadi harganya nambah.

Akhirnya ane cek spek lengkap VPS ane dari perintah linux, dan ternyata sesuai yang tertera, tanpa ada kecurangan dan kekurangan spek, jadi iklannya sesuai dengan produk.

Kemudian ane pun langsung pindahin data web, karena ane sendiri pakai Cache serta memanfaatkan fungsi Cloudflare, jadinya hampir gak ada perbedaan speed website dari VPS Vultr dan Contabo yang ane pakai.

Semua terasa sama saja. Malah ane bingung penyimpanan 300GB itu mau diapain karena kegedean.

Awalnya ane cuma mindahin 1 web, tepatnya web streaming yang kena ciduk di VULTR tadi ane pindah ke Contabo, karena masih ada keraguan dengan spek yang bagus, harga sangat murah, kali aja bakal ada “apa-apa” nya di kemudian hari. Jadi ane gak mindahin semua web.

Dan berjalan beberapa bulan, gak ada masalah apa-apa, VPSnya lancar jaya aja. Ane cek pemakaian ram, cpu, normal semua. Jadi kita benar-benar bukan dikasi barang murahan walau harganya murah.

Akhirnya ane pun mindahin beberapa web lain ke Contabo, terhitung sampai sekarang ane pakai lebih dari 5 web di 1 VPS harga 11 dollar tersebut.

Dan 3 dari banyak web yang ane instal adalah web trafik diatas 10k/hari, ada juga yang dulu trafiknya sampai 60k+/hari.

Gak lama setelah pindah, ane nerima lagi itu laporan DMCA, itu DMCA nya yang nge report web kita ngelapor ke Cloudflare, lalu Cloudflare nge forward ke hosting kita. Itulah yang ane alami saat pakai Vultr tadi.

Tapi kemudian jalan 1 hari, 2 hari, 3 hari, sampai 1 minggu gak ada respon apa-apa dari Contabo yang nyuruh hapus konten dan ancaman nge blokir DMCA.

Yup, Contabo benar-benar mengabaikan laporan tadi, dan vps kita pun aman.

Sampai sekarang email DMCA nya juga kadang masih muncul, tapi sama Contabo diabaikan.

Jadi gak perlu khawatir lagi deh. Biarin aja itu si pereport capek-capek ngelapor, gak bakal digubris dah tu :v

Btw untuk tampilan dashboard Contabo, itu sebenarnya kesannya masih agak ketinggalan jaman sih.

Tampilan Dashboard Contabo

Dan juga ini tampilan untuk menu VPS kita

Menu VPS Contabo

disitu kita bisa start, stop, restart, reinstal, bikin snapshot, hanya saja kekurangan contabo ini untuk fitur backup harus bayar ya, tapi bisa diakali dengan bikin snapshot sih.

Cuma snapshotnya untuk paket pilihan ane cuma bisa bikin 1 snapshot. Jadi kalau mau bikin snapshot baru harus ngehapus yang lama dulu.

Ane pribadi lebih prefer bikin snapshot tiap bulan, sementara di wordpress sendiri ane pakai backup data ke Google Drive secara berkala.

Meski belum pernah kejadian yang tidak diinginkan seperti data loss, setidaknya kita harus selalu siap sedia backup.

Nah, selama 1 tahun lebih berjalan tentunya gak selamanya segala sesuatu itu berjalan lancar.

Contabo ini juga kadang memiliki down time sendiri seperti Maintenance. Tapi itu bukan sesuatu yang rutin kok.

Selama 1 tahun lebih ane pakai Contabo, kalau dihitung VPS nya mungkin pernah down sekitar 3 atau 4 kali yang down nya lebih dari 1 jam. untuk down di bawah 20 menit dalam setahun mungkin kejadian lebih dari 10 kali.

Untuk Down yang dibawah 20 menit ane maklum aja, malah keseringan down cuma 3 sampai 8 menit, jadi gak benar-benar 20 menit.

Mungkin itu disebabkan RTO atau semacamnya di Data center mereka, jadi itu bukan sesuatu yang besar dan perlu dimasalahkan.

Untuk Down yang lebih dari 1 jam emang pernah beberapa kali kejadian.

Yang paling ane ingat yaitu pernah sekali down nya sampai 12 jam. Ane kontak supportnya jawaban mereka adalah mereka belum masuk kerja, jadi tunggu aja sampai jam kerja mereka.

Dan benar saja, setelah jam 9 waktu lokal di Jerman, oh iya lokasi kantor mereka di Jerman, dan Datacenternya juga di Jerman, dan 1 lagi negara apa ane lupa sih.

Yang jelas pas mereka masuk kerja down yang ane alami langsung beres. VPS juga gak ke restart.

Jadi asumsi ane pribadi mungkin ada masalah sama internet mereka, mungkin kabel longgar, Wifi mati atau gimana, karena walau down 12 jam lebih VPS masih nyala, berarti cuma internet di data center yang terputus waktu itu.

Btw, kalau kalian searching review di web bule mungkin ada juga yang review negatif kali ya, ada juga yang bilang kalau contabo itu pakai hardware tahun lama, makanya harganya murah.

Tapi perlu ane tekankan, kalau kalian cuma pakai web buat wordpress, nyimpan data dan semacamnya maka itu gak jadi masalah kok.

Cukup modal Combo VPS, Cloudflare, dan plugin cache udah bisa buat nampung trafik ratusan ribu bahkan jutaan visitor.

Web ane sendiri pernah nampung lebih dari 500 user online, gak ada masalah kok.

Malah web ane itu web streaming, banyak media gambar dan lain-lain, tapi tetap gak ada masalah sama sekali.

Untuk kualitas supportnya sendiri ane gak bisa bilang jelek, dan gak bisa dibilang bagus juga, dalam 1 tahun ane cuma kontak support 3 kali.

Pertama pas aktivasi, kedua pernah nanyain {yang kedua itu soalan masalah konfigurasi ane pribadi, jadi bukan masalah server dan supportnya gak bisa bantu banyak dan cuma jawaban support apa adanya), yang ketiga yang pas down 12 jam+ itu, dan jawaban supportnya nyuruh nunggu sampai jam kerja mereka.

Supportnya sendiri gak ada Live Chat, jadi kontak support cuma dari email. Responnya emang gak secepat kilat, mungkin faktor beda timezone juga kali.

Jadi tiap ane kontak support balasannya selalu diatas 5 jam setelah ane ngirim email. Seenggaknya mereka gak ngabaikan customernya ya.

3. Kesimpulan

Btw karena ini review berdasarkan pengalaman pribadi, ane emang sengaja membuatnya lebih ke curhatan dibanding review terstruktur yak.

Karena emang gaya penulisan ane di web ini ya kayak gini. Jadi harap dimaklumi aja.

Yang jelas contabo ini sangat direkomendasikan bagi pemilik web streaming dan web download. Mau trafik puluhan bahkan ratusan ribu pun sepertinya masih OK pakai VPS di Contabo.

Nah, singkat cerita ane masih pakai Contabo sampai sekarang. Dan harganya juga gak pernah naik, mudah-mudahan aja harganya tetap dan gak naik lagi sampai kedepannya, hehe 😀

Kata Kunci Penelusuran:

  • menggunakan contabo
  • contabo
  • vps murah loc:ID