Rute Perjalanan darat Pekanbaru ke Batam, Selat Panjang, dan Tanjung Pinang

Rute Perjalanan darat dari Pekanbaru ke Batam, Selat Panjang, Tanjung Pinang

Yo, kali ini gua mau sedikit berbagi cerita mengenai rute perjalanan dari Kota Pekanbaru ke Selat Panjang.

Selat Panjang adalah wilayah dari kabupaten kepulauan Meranti, kota di pesisir ini menjadi ramai karena merupakan jalur persinggahan bagi yang ingin pergi ke Batam, atau pun Tanjung Pinang dengan transportasi darat.

Gua sendiri baru sekali berkunjung ke Selat Panjang dari Pekanbaru, dan bisa dibilang perjalanannya cukup seru karena kita juga harus melalui sungai dan laut.

Yosh, jika ingin pergi ke Selat Panjang dari kota Pekanbaru, maka cara tercepat adalah melewati sungai Siak, singkatnya kalian bisa pesan tiket perjalanan kapal Speed Boat di Pelabuhan Sungai Duku.

Ada 2 layanan transportasi disana, yaitu Naga Line dan Meranti, waktu pergi saya pakai Naga Line, sementara waktu pulang saya menggunakan Meranti.

Untuk kualitas yang lebih baik saya sarankan kalian utamakan pesan Naga Line,

Alasannya simpel aja, karena Nagaline ini bus dan speed boatnya terkesan lebih baru dan bagus dibanding Meranti.

Namun tiket nagaline ini sering habis karena ramai peminat, jadi saya sarankan buat booking tiket sehari sebelum keberangkatan.

Misal kalian berangkat besok pagi, maka kalian harus order tiketnya hari ini.

Untuk jadwal keberangkatannya sendiri ada 2 trip, yaitu jam 8 pagi dan jam 12 siang, sebaiknya pilih yang pagi saja sih.

Nah, saat memesan tiket, itu harga tiketnya Rp. 160.000 rupiah, tiketnya jangan sampai hilang karena akan mengcover 3 perjalanan: Naik Speed Boat dari Pelabuhan Sungai Duku==>Naik bus di Perawang==>Naik Sped Boat lagi di pelabuhan buton menuju Selat Panjang.

Jadi 3 transportasi ini akan disediakan oleh Nagaline atau Meranti tadi, ketiga kendaraannya merupakan full AC. Jadi terbilang nyaman deh perjalanannya, dan worth lah dengan harganya.

Rute Perjalanan darat dari Pekanbaru ke Batam, Selat Panjang, Tanjung Pinang

Untuk estimasi waktu perjalanannya, dari pelabuhan sungai duku ke perawang itu sekitar 30-45 menit, lalu kemudian naik bus dari perawang ke Buton itu sekitar 2 jam kurang lebihnya, dan terakhir naik speed boat melewati laut ke Selat Panjang itu sekitar 1 jam 30 menit.

Jadi, total waktu perjlanannya itu berkisar antara 4-5 jam. Kalau berangkat jam 8 pagi maka kalian akan sampai jam 1 siang.

Setelah sampai di pelabuhan selat panjang, kalian bisa naik becak motor untuk mengantar kalian beserta barang bawaan ke alamat yang dituju, atau kalian bisa naik kapal Ferry buat lanjut berangkat ke Batam ataupun Tanjung Pinang.

Hanya saja jarak dari selat panjang ke batam dan tanjung pinang itu masih cukup jauh, jadi akan memakan waktu sehari semalam buat sampai ke tujuan.

Cuman ya karena transportasinya full AC. Jadi lebih berasa nyaman, dan jaringan Telkomsel pun juga lancar sepanjang jalan, udah dapat 4G+ juga sinyalnya, jadi ya kalau butuh hiburan bisa sambil main game di smartphone deh.

Wes, gua rasa itulah dia tadi sedikit cerita mengenai perjalanan pekanbaru ke batam, tanjung pinang dan selat panjang yang bisa gua bagikan, semoga bermanfaat.