Selamat Tinggal Adsense, Aku Sudah Temukan Penggantimu

Selamat Tinggal Adsense, Aku Sudah Temukan Penggantimu

Adsense, adalah jaringan iklan terbesar di dunia milik Google yang dulu pernah ane puja-puja, bahkan sampai ada rasa kebanggaan tersendiri sebagai Publisher di Adsense.

Dan ane juga pernah merasakan kebahagiaan sebagai publisher, karena bisa cair tiap bulan dengan jumlah yang lebih besar dari gaji PNS saat ini, ane sampai bisa beli laptop Asus ROG serta seperangkat headset dan mouse nya. beserta Smartphone yang bagus.

Setidaknya ane telah merasakan PO jutaan dan puncaknya diatas 10 juta per bulan selama 1 tahun terakhir, karena ini pun ane sampai lalai dan gak kepikiran buat nabung, yang ada dipikiran ane cuma “habis bulan ini, ntar tanggal 22 juga cair lagi”.

Dan tanpa kerasa makin hari peraturan adsense semakin ketat, mungkin karena efek banyak tuyul dan spammer juga, berawal dari youtube yang mengharuskan punya 1000 subscriber buat monet, lalu disusul adsense yang harus verifikasi KTP, sampai ujung-ujungnya verifikasi situs sehingga udah gak bisa sembarangan lagi nambahin situs untuk dipasang iklan adsense.

Dan singkat cerita, di masa sulitnya daftar, Adsense malah kembali ngulang kelakuan buruknya yaitu banned masal terhadap publisher.

Dan termasuklah ane korban di dalamnya. Sebenarnya dulu ane juga pernah kena banned adsense pada awal tahun 2018, tapi saat itu daftar adsense masih gampang jadi masih bisa diperbaiki lagi.

Sebagai publisher yang sebenarnya udah cukup lama, ane juga udah mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan 3 akun adsense verif dan siap PO, tapi ternyata banned kali ini lebih sadis dari yang diperkirakan, 3 akun utama adsense ane lenyap semua.

Kalo ditanyain saldo didalamnya, kalo ditotalin diatas 10 juta…

Kalau ditanyain kesal? Iya ane kesal banget, kreditan juga ada yang belum lunas, dan terpaksa ane ngutang sana sini 3 bulan belakangan ini…

Sedih? Sedih iya sih, cuma daripada dibilang sedih ane lebih ke emosi dan marah, shock cukup berat juga, karena ane sejatinya adalah blogger fulltime, jadi ane di dunia nyata itu pengangguran semenjak lulus SMA.

Oh iya, sedikit advice bagi kalian yang akunnya masih sehat sentosa, kalau kalian masang iklan itu sekarang harus di labeli tautan sponsor atau iklan pada iklan yang kalian tampilkan. Karena dalam pesan banned ane nerima pesan seperti di bawah ini juga

sorry kalau gambarnya kekecilan gan

Itu kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia kira-kira begini:

Pelabelan iklan yang salah: Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan dengan cara apa pun. Misalnya, penayang tidak boleh menempatkan iklan di bawah tajuk atau judul yang menyesatkan karena ini dapat membingungkan pengguna untuk berpikir bahwa iklan itu sebenarnya tautan yang terkait dengan tajuk itu. Untuk menghindari masalah ini, kami meminta penerbit hanya menggunakan “tautan sponsor” atau “iklan” untuk memberi label pada iklan. Informasi lebih lanjut tentang kebijakan ini dapat ditemukan di pusat bantuan kami:

Nah, Jadi buat iklan-iklan yang posisinya agak meragukan seperti berdekatan dengan judul artikel, atau dekat dengan tautan/media gambar, kalian harus memperjelas kalau itu iklan.

Dan ane pribadi, setelah dibanned berkali-kali seperti ini, rasanya ane udah males juga ya nerusin jadi publisher…

Tapi bukan berarti ane nyerah gitu aja di dunia blogging. Udah hidup enak tanpa perlu kerja keras diluar, dan sekarang baru mau nyari kerja lagi?

Rasanya udah berat ya, mau cari kerja bagus dengan ijazah SMK doang sepertinya juga udah susah banget di masa ini.

Sekarang ane lebih fokus ngurusin web donlot dan streaming aja, hasil dari iklan banner dan pop up ternyata cukup bagus juga. Jadi ngasilin uang dari blog donlot itu juga gak cuma dari safelink doang.

Mungkin salah satu alasan Adsense ane dibanned juga karena sebagiannya itu blog safelink. Jadi safelink udah gak bisa jadi opsi juga sekarang, jika dulu ane bisa dengan bangga mengatakan safelink aman, sekarang kayaknya udah gak lagi.

Karena dari yang ane perhatikan di komunitas adsense dan blogger facebook juga banyak yang kena banned perkara safelink, walau gak sedikit juga yang blog trafik organik jadi korban.

Untuk pengganti adsense, ane sekarang udah beralih pake jaringan iklan alternatif lain. Meskipun Payout nya dari paypal sih, tapi ternyata withdraw dari paypal ke akun Bank itu gak nyampai 24 jam udah cair, jadi udah cepat sekarang prosesnya.

Dan yak, bisa cair tiap minggu juga, jadi gak perlu galau nunggu tanggal 22 lagi.

Btw pengalaman ane terburuk adalah dibanned tanggal 19, 3 hari sebelum gajian. Jadi sebelum menerima email payment adsense, tidak ada jaminan akun dan uang kalian yang sekarang bisa cair.

Eh, btw lagi nih ya, mungkin kalian ada yang heran kenapa di blog ini masih ada iklan adsense nya ya. Dulu awalnya ini blog cuma buat curhat pribadi ane, iseng-iseng daftar dulu, dan ternyata di acc.

Saldo adsense nya juga kurang dari 100k, jadi bagi ane dulu iklan di blog ini jadi pajangan aja, saldo nambah alhamdulillah, bisa kekumpul sampai cair wasyukurillah. Kalau di banned juga nantinya yasudahlah.

Untuk iklan alternatif pengganti adsense yang sempat ane bahas tadi, namanya Propeller Ads. Ane akan buatin reviewnya dalam waktu dekat dan serta alasan kenapa ini jaringan iklan semakin kesini semakin bagus, gak ribet lagi kayak dulu. Min. PO nya juga 5 dollar.

Kalian bisa Baca artikel ane Kenapa Saya Pilih Propeller Ads? Review & Bukti Pembayaran 2019 . Disitu ane telah menjelaskan kenapa ane pilih propeller ads, review dan bukti pembayarannya.

Okelah, terima kasih telah meluangkan waktunya buat baca curhatan ane :v Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan sertakan aja di kolom komentar