Solusi Iklan Adsense Jarang Tampil, Bahkan Blank Tanpa Sebab dan Pelanggaran

Solusi Iklan Adsense Jarang Tampil, Bahkan Blank Tanpa Sebab dan Pelanggaran

Yo orang-orang galau pejuang Adsense. mungkin sekarang kalian lagi panik dan galau karena iklan adsense kalian yang kemarin-kemarin masih normal-normal aja dan beberapa hari belakangan ini malah mendadak blank, bahkan tidak tampil sama sekali.

Tentunya sesuatu itu terjadi karena adanya sebab-akibat, tapi pada kasus kali ini kalian malah gak dapat email pelanggaran dan notifikasi apapun, jadi rasanya emang gak ada yang salah dengan web kalian.

Tapi iklan tetap gak muncul dan penghasilan pun mendadak nihil, efeknya ya bikin stres dan pusing serta bingung dan mencoba cari solusi sana sini.

Baiklah, gak usah panik, coba aja ikuti baca artikel ini sampai habis, mungkin bisa jadi sedikit pencerahan bagi kalian yang gak nemu solusi.

Jadi, singkat cerita saya udah pernah ngalamin hal ini sekitar 4 bulan yang lalu, tampilan iklan mendadak blank dan blahblahblah. Saya juga udah coba tanya ke grup komunitas blogger dan adsense di facebook, malah gak dapat jawaban yang memuaskan.

Saya juga udah coba googling, yang muncul malah artikel-artikel jaman baholak yang bahas iklan blank karena belum verif pin lah, ada pelanggaran, kode gak bener dan sebagainya.

Yak, sebenarnya konten mereka itu gak salah, tapi dalam hal ini that’s not the case. Dan emang artikel mereka itu cuma artikel lama tahun 2017-2018.

Akhirnya saya coba nge explore ke luar negeri, dan ternyata emang saya nemu banyak yang ngalamin masalah ginian.

Setelah baca sana sini, Usut punya usut akhirnya saya nemu kesimpulan, iklan yang mendadak blank itu adalah karena Penayangan iklan di akun google kita sedang dibatasi.

Jadi intinya Google itu sedang memberlakukan kebijakan baru yaitu membatasi tampilan iklan Adsense, terutama pada akun-akun yang masih fresh dan seumur jagung.

Hal ini dilakukan katanya sih buat pencegahan trafik tidak valid, spam dan sebagainya.

Dan dari pengalaman pribadi serta kesimpulan yang bisa saya tarik, iklan blank ini akan ada 2 fase. Fase permulaan dan fase percobaan.

Fase permulaan ini adalah saat hari-hari awal iklan di akun kita blank. Pada fase ini sebagian besar akan ngalamin iklan blank 90-100 persen. Yup, gak tampil sama sekali. Ini bisa jalan beberapa hari bahkan sampe lebih dari seminggu.

Mungkin kalian juga udah ada yang rasakan sendiri fase ini kali ya.

Dan fase yang kedua sendiri adalah fase percobaan. Nah ini adalah fase dimana kualitas trafik kita diuji coba. Iklan bakal jarang tampil, dan hanya tampil 4-5 ribu tampilan iklan saja dalam sehari.

Dan fase ini akan berjalan selama 2 hingga 3 bulan.

last 28 days saat iklan blank
Perbandingan jumlah tampilan laman dan tayang iklan akun saya saat fase kedua

Nah, sebagai bukti kalian bisa lihat gambar di atas, itu adalah dashboard saya saat mengalami fase kedua.

Tayangan iklan jadi sangat sedikit dan penghasilan saya yang normalnya 50-100+ ribu perhari drop menjadi 8-20 ribu doang perhari. Belum lagi saat musim CPC rendah seperti sekarang, makin tersiksa deh.

Normalnya jumlah tayangan iklan lebih banyak dibanding jumlah tampilan laman. Karena dalam 1 laman itu biasanya tampil 2-3 iklan.

Lalu Apa Solusi buat Mengatasinya agar Normal Kembali?

Sebelum bicara soal solusi, tentunya saya harus memberi bukti dulu kalau tayang iklan saya udah kembali normal ya kan.

iklan dah normal kembali
Ini adalah screenshoot dashboard adsense saya saat artikel ini ditulis, semuanya udah kembali normal

Oke, sekarang kita bahas solusinya, Tentunya ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, jadi kita akan bahas apa yang saya lakukan agar akun saya kembali normal seperti gambar di atas.

Ada 2 hal sih yang dulu saya lakukan setelah tahu penyebabnya trafik sedang diuji.

1. Tidak melakukan apa-apa.

Awalnya sebenarnya saya gak ada ngapa-ngapain. Blognya saya biarin aja nganggur sekitar 3 mingguan. Saat itu Saya mikir mungkin ntar juga bakal pulih sendiri.

Jadi emang lebih 3 mingguan saya gak ngupdate apa-apa di webnya. Kebetulan saya juga punya kesibukan sebagai youtuber, jadi ya begitulah, buat ngalihin perhatian saya fokus nge youtube.

2. Rajin Update Artikel Original

Setelah ditunggu gak kunjung pulih juga, saya pun mulai terbiasa dengan penghasilan 10k/hari, dashboard pun cuma saya cek sesekali. Walau sebenarnya masih kebawa kesal dan gak terima. Pikiran semacam “Google kok gak adil ya? Iklan orang tampil kok gua malah blank?” masih mengganggu di kepala saya.

Akhirnya saya ikutin cara main google, jika emang tujuannya ingin menguji kualitas website kita. Kita beri dia website yang berkualitas.

Saya yang biasanya cuma nulis sebulan sekali jadi nulis seminggu 2 kali ngupdate artikel di web.

Akhirnya jalan 2 bulan dan mulai masuk ke bulan ketiga, pas mau nulis di web, ane cek iklan udah tampil padahal biasanya jam segitu blank, tepatnya sore hari ya saat itu.

Lalu ane kepikir buat ngecek dashboard dan ternyata emang semenjak sore hari itu iklan ane udah tayang lebih banyak dibanding tampilan laman, dan penghasilan saat sore itu udah diatas 30k.

Ane sangat senang tentunya, tapi masih belum yakin udah normal, lalu lanjut lagi besoknya juga ternyata emang udah normal, dan ngehasilin diatas 70k, dan sampailah sekarang gak ada blank lagi.

Kalau dihitung mungkin udah 2 bulan semenjak terakhir blank.

Jadi ya kesimpulan saya buat kalian, kalau ngalamin iklan blank kalian rajin aja ngupdate, ntah itu emang website ori trafik Google, atau safelink sekalipun. Atau akun baru dan bahkan old sekalipun, intinya rajin aja update artikel selama periode blank nya.

Dan emang mau tak mau harus terima fakta kalau situs kalian sedang diuji kualitasnya sama mbah Google. Jadi kalian mau ngadu sana sini, menjerit sana sini juga gak akan ngerubah kenyataan. Jadi belajar aja buat menerima ujian dari Google dan tingkatkan kualitas web/blog kalian.

Dan yang terpenting, emang menyebalkan tapi kalian harus terima juga fakta kalau penghasilan kalian bakal drop jauh, bahkan mungkin bisa senasib seperti ane yang ngehasilin 8 ribu perhari selama periode blank.

Weslah, saya rasa cuma ini cerita yang bisa saya bagikan kepada kalian, jika ada pertanyaan sertakan aja di kolom komentar.