Solusi Jitu Mengatasi Website kena Kloning/Mirror 100%

Solusi Jitu Mengatasi Website kena Kloning/Mirror 100%

Halo guys, kali ini gua mau bahas dan kupas tuntas perkara website yang kena kloning atau Mirror 100%.

Maksud dari 100% pada judul artikel adalah mereka nge duplikat website kita sama persis seperti aslinya. Mulai dari tampilan theme, background, postingan, sidebar, dan lain sebagainya.

Kita update dia juga langsung update, jadi website kloning mereka itu udah kayak autopilot aja, web kita error dia juga ikutan error dah tuh,

Yang beda paling cuma di bagian atas logo diganti, terus juga link di dalam artikel kita diganti jadi link milik mereka.

Biasanya yang paling sering jadi korban kloning/mirror ini adalah website yang sudah ramai visitornya, seperti web download dan nonton film.

Nah, tentunya bagi kalian yang sedang baca artikel ini dengan fokus adalah orang-orang yang jadi korban web kloning ini kali ya, dan berharap buat dapat solusi.

Jadi kita persingkat aja basa basinya, langsung ke point nya aja kali ya. Sebagai contoh kasus web yang kena kloning yaitu website Samehadaku.

Contoh Web Samehadaku yang kena kloning oleh domain antah berantah

Yosh, gambar di atas adalah gambaran website yang kena kloning alias mirror, apakah masalahnya sama seperti yang kalian alami?

Jika iya berarti emang bener kalian datang ke tempat yang tepat, semoga saja disini adalah solusi yang akan memecahkan masalah kalian.

Ada dua cara buat mengatasi kloning website ini, dan dua-duanya digunakan tergantung situasi yang kalian alami.

Nah, sebelum masuk ke dua cara tersebut, ane rasa perlu bicara dikit tentang tipe atau jenis kloningnya.

Jadi kloningnya juga ada 2 jenis, yaitu kloning cupu dan kloning try hard. Sebenarnya itu dua istilah yang gua buat sendiri ya.

Buat kloner cupu, dia cuma mengkloning website kita dengan tampilan yang sama persis, tapi tidak script di dalamnya. Jadi link di dalam artikel kita masih ada dan sama seperti web original kita.

Jadi misal kita pasang pemendek link seperti safelinku di web kita, di web kloningnya juga bakal tetap mengarah ke safelinku, yak sebenarnya ini enggak terlalu merugikan, walau tetap mengganggu sih, hanya saja link kita masih tetap sama.

Nah, buat kloner try hard, dia itu bisa ngeganti script dan link yang ada di website kita.

Jadi tampilan website nya masih sama persis dengan punya kita, cuma link dan logo kita udah pada diganti jadi link dan kode iklan milik dia. Jadi ini sangat-sangat merugikan tentunya.

Yosh, langsung aja kita masuk ke solusinya, pertama adalah solusi buat si kloner cupu tadi,

Kalian bisa mengatasinya dengan memasang script berikut pada bagian widget atau di footer website kalian.

<script type="text/javascript">if(document.location.hostname.split("").reverse().join("") != 'moc.odnisremina'){var e = document.body;e.parentNode.removeChild(e);window.location.replace("https://"+"moc.odnisremina".split("").reverse().join(""));
    }</script>

Keterangan: Untuk bagian ‘moc.odnisremina’ diganti dengan reverse teks domain kalian.

Untuk mendapatkan kodenya reversenya, silahkan buka https://www.browserling.com/tools/text-reverse dan convert domain kalian disitu.

Dengan memasang script itu, setiap kali website kloning tersebut dibuka maka akan otomatis dialihkan ke website kalian.

Jadi mereka malah akan jadi penyumbang trafik gratisan buat kita. Lama-lama juga ntar mereka nyerah sendiri dan mutusin buat ganti konten web mereka, jadi enggak nge kloning punya kita lagi.

Solusi yang kedua adalah buat kloner try hard tadi, karena dia bisa ngeganti script website kita, jadi cara pertama tadi gak akan mempan buat mereka.

Solusi buat ngatasi yang tryhard adalah dengan memanfaatkan fitur under attack mode dari Cloudflare.

Kalau belum pasang cloudflare silahkan dipasang dulu ya, tutorialnya ada banyak kok di blog-blog tutorial, kebetulan disini ane belum sempat bikin.

Cara mengaktifkannya tinggal ubah aja under attack mode dari off menjadi on seperti gambar di atas.

Nah, gambar di atas adalah tampilan yang muncul saat mengunjungi website kita jika under attack mode diaktifkan.

Mungkin kalian udah sering liat juga sebelumnya tampilan under attack mode tersebut.

Nah, saat under attack mode diaktifkan maka yang terjadi pada website kloner si try hard tadi adalah bakal stuck di tampilan checking your browser tersebut.

Jadi kalau saat buka website kita cuma butuh melewati itu sekitar 3 detik, maka di website si kloning tryhard bakal terjadi infinity loop “checking your browser…”.

Jadi website dia yang nge kloning punya kita juga ga bakal bisa kebuka lagi. SIsanya ya tinggal nunggu seminggu, sebulan, 2 bulan, atau sampai dia nyerah deh pokoknya, jangan lupa pantau terus website mereka.

Jika mereka udah nyerah dan ngeganti konten webnya barulah kalian boleh menonaktifkan kembali mode under attacknya.

Yosh, gua rasa sekian dulu deh solusi ampuh yang bisa gua bagikan buat masalah website mirroring atau kloning, monggo langsung dicoba, dan beritahukan hasilnya di komentar ya! 😀