Tips Agar Diterima Pengajuan Monetisasi Youtube

Tips Agar Diterima Pengajuan Monetisasi Youtube

Halo guys, bagi kalian yang tertarik buat main youtube atau menghasilkan uang di youtube, yang paling penting adalah memiliki sebuah channel yang monetisasinya aktif.

Untuk pengajuan monetisasi sendiri itu syaratnya harus punya 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam waktu 12 bulan terakhir. Yak, intinya kita harus dapat 4000 jam tayang dulu.

Tapi tentunya gua ga bakal bahas tips cara dapatin jam tayang atau subscriber disini, mungkin bakal gua bahas soal itu, tapi lain waktu aja deh, kali ini gua cuma mau bahas tips agar diterima pengajuan monetisasi youtube.

Jadi dengan kata lain, sebut saja channel kalian telah memenuhi syarat buat mengajukan monetisasi.

Karena ini juga sering jadi masalah, saat udah memenuhi syarat dan pengajuan, malah digantung berbulan-bulan bahkan sampai lebih dari 1 tahun tanpa ada jawaban.

Normalnya peninjauan channel akan dilakukan pihak youtube dalam kurun waktu 1 bulan setelah pengajuan monetisasi, dan jika konten kalian hijau semua, tanpa ada kartu kuning maka channel kalian bahkan bisa diterima dalam waktu kurang dari 2 hari.

Nah, lalu gimana ceritanya kalau channel kita sudah lebih 1 bulan tapi masih belum dapat jawaban? Itu tandanya channel kamu atau video yang kamu upload masih dianggap belum memenuhi standar untuk di approve, tapi bukan juga sesuatu yang melanggar sehingga ditolak.

Bisa dibilang kita dialihkan ke daftar tunggu, dengan harapan tim youtube akan meninjau kembali channel kita saat sudah lebih baik nantinya.

Jadi kalau ada yang curhat channelnya konten ori, no copyright dan rekam sendiri tapi masih belum diapprove, itu berarti memang konten mu yang belum memenuhi standar.

Dengan kata lain, meskipun konten ori bukan berarti kontennya langsung 100% layak diterima.

Karena itu berikut adalah beberapa tips agar channel kalian cepat diterima monetisasinya.

1. Tunjukkan Identitas di video

Yang pertama yaitu kalian harus berani unjuk diri dan tampil di video kalian.

Lalu gimana dengan yang kontennya bukan vlog? Tetap aja kalian harus sesekali nunjukin diri di video kalian, jadi youtube lebih yakin dengan channel kalian.

Dan ini juga salah satu cara agar tim youtube tidak menganggap channel kalian sebagai channel palsu, scam, dan sejenisnya.

2. Buatlah Konten yang Bermanfaat

Semenjak tahun 2019, youtube makin membatasi konten yang bisa dimonetisasi di youtube, mereka lebih mengutamakan konten yang bermanfaat bagi orang banyak dibanding konten yang gak jelas.

Jadi yak lebih fokus deh bikin konten yang ada manfaatnya, seperti tutorial, tips, dan macem-macem dah tu tergantung passion kalian.

Dan konten-konten seperti prank atau ngerjain orang lain juga udah mulai gak dilirik sama youtube lagi, apalagi yang membahayakan.

3. Gunakan Suara Sendiri dalam Narasi Video

Nah, ini salah satu yang penting. Sebagai lanjutan dari konten yang bermanfaat, salah satunya adalah kita harus menjelaskannya menggunakan suara kita.

Contohnya konten gaming, kalau kita cuma ngerekam gameplay tanpa ngomong apa-apa maka akan dianggap sebagai konten tidak bermanfaat oleh pihak Youtube. Itulah sebabnya awal tahun 2019 lalu banyak channel gaming yang kena dismonetisasi, untuk memfilter hal ini.

Gua sendiri salah satu korbannya, dan semenjak itu gua benerin konten, nambahin suara sendiri, dan gak lama setelah pengajuan ulang akhirnya monetisasi channel gua diterima kembali

Pic. diterima kembali monet

4. Jangan Menyerah, Tetap Konsisten Update

Nah, yang paling penting adalah jangan menyerah dan kita harus selalu update konten, paling tidak 1 minggu sekali deh.

Jadi channel kita gak keliatan seperti channel mati, walaupun sering atau enggaknya update konten gak dijadikan patokan monetisasi buat youtube, tapi tetap aja saat mereka meninjau channel kita tentunya mereka liat video terbaru dulu, gak enak kan kalau video terbaru kita malah video 1 atau 2 bulan yang lalu.

Jadi ya semasa peninjauan kita emang harus memaksakan diri buat update.

Yosh, gua rasa itu aja deh tipsnya, btw itu bukan tips supaya cepat diterima monet ya, hanya tips agar diterima monet, cepat atau lambatnya itu kembali ke pihak youtube sendiri, karena peninjauan itu bagaimanapun gak bisa dipercepat, mereka juga udah jelasin di artikel support mereka, bahwa peninjauan channel tidak bisa dipercepat.

Intinya ya berdoa aja supaya channel kita cepat approve nya, good luck deh!